OWS (OIL WATER SEPARATOR) TRAINER

Pada project ini kami di percaya untuk membuat sebuah trainer OWS yang akan dipergunakan untuk kegiatan belajar mengajar di sebuah sekolah kejuruan di Kota Semarang.

OWS? apakah OWS itu???
Yes.. dilihat dari kalimatnya saja kami rasa anda sudah mengetahuinya. OWS adalah alat untuk memisahkan minyak dengan air. Alat ini biasanya dipakai di dalam Kapal laut. Pada lambung kapal, mekanisme mesin atau aktifitas yang lain akan menimbulkan limbah cairan minyak yang bercampur air. Limbah ini kemudian di alirkan pada sebuah tangki limbah. Untuk menanggulangi pencemaran laut cairan limbah ini tidak boleh serta merta dibuang ke laut, perlu dilakukan proses pengolahan limbah yaitu memisahkan minyak dari air. Setelah diproses, air akan dibuang ke laut sedangkan minyaknya ditampung pada tangki limbah.

Untuk dapat memahami prinsip kerja OWS maka dibuatlah trainer OWS. Pada trainer ini mempuyai 4 buah tangki. tangki yang pertama sebelah kiri bawah berisi air bersih. tangki kedua sebelah kanan bawah berisi minyak/oli. sedangkan tangki ketiga sebelah kiri atas berfungsi sebagai penampung air hasil proses pemisahan. dan tangki ke emapat sebelah kanan atas berfungsi sebagai penampung minyak/oli hasil proses pemisahan.


Pada saat pertama kali dijalankan, valve oli ditutup dan valve air dibuka. Pompa akan menarik air dari tangki sebelah kiri bawah yang kemudian dimasukan pada tabung pemisah. Air akan memenuhi tabung pemisah sampai penuh dan mengalir dari saluran pembuangan dan ditampung pada tangki ketiga. kemudian valve oli dibuka dan valve air ditutup, sehingga oli akan masuk ke dalam tabung dan bercampur dengan air. Pada saat volume oli mencapai level tertentu dan terdeteksi oleh sensor, maka kontroler akan memerintahkan selenoid pembuangan oli untuk membuka sehingga oli akan mengalir ke tangki keempat.



 Demikian postingan kami, bagi anda yang berminat silakan menghubung kami.

Yuli sugiyanto
WA/Telp: 085290916051

email     : cvmicrotechengineering@gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JASA KONSULTAN TA (TUGAS AKHIR) / SKRIPSI MAHASISWA ELEKTRO

SERVICE MESIN LAS

TA : MESIN SORTIR TELUR