SERVICE MESIN LAS

Kami menerima service mesin las berbagai merk seperti lakoni, multipro, caldwell, rilon, xenon, dll
Kerusakan yang biasa terjadi antara lain:
- Mati total
- Lampu OC nyala
- Api kecil
- Api tidak bisa kecil
dan berbagai kerusakan lainnya




MESIN LAS INVERTER
     Mesin las inverter merupakah pengembangan dari generasi mesin las konfensional dimana pada mesin las konfensional menggunakan transformator/koil dengan frequensy kerja yang rendah 50-60hz. sehingga untuk mendapatkan arus besar maka perlu memperbesar ukuran transformator,sehingga semakin besar ukuran transformator maka membutuhkan daya listrik yang besar pula. Ukuran mesin las yang besar dan berat juga merupakan kekurangan dari jenis mesin las ini kelebihan mesin las jenis ini yaitu karakteristik tembusan pengelasan yang dalam membuat para pengguna masih bertahan memakai mesin jenis ini,dan juga untuk perawatan sangat mudah  dilakukan .
     Pada mesin las inverter daya di hasilkan melalui proses switching transformator inti ferit di mana frequency  kerja switching yang sangat tinggi antara 18khz sampai 100khz sehingga ukuran transformator sangat kecil dan daya yang di hasilkan pun besar. Jadi  jangan heran  kalau ukuran transformator konfensional dengan daya 160amper  lebih besar sepuluh kali lipat bahkan lebih dari ukuran transformator switching. Oleh sebab itulah kerugian daya dapat di minimal pada mesin las jenis ini.

BAGIAN BAGIAN MESIN LAS INVERTER
                 
a. DIODA
    Dioda berfungsi sebagai penyearah tegangan bolak balik/ac ke tegangan searah{dc}biasanya memakai dioda bridge dengan amper yang besar.
b.ELCO
Elco berfungsi sebagai filter untuk meratakan tegangan dc dari nois dan riak,agar tidak mengganggu control dan proses switching. Selain sebagai filter, Elco tersebut berfungsi juga sebagai power bank yg dapat mengurangi lonjakan daya secara mendadak yang terjadi saat terjadinya proses pengelasan.
c.SOFT START
Soft start pada mesin las berfungsi untuk menahan lonjakan saat start,yang dapat mengakibatkan trip pada mcb listrik akibat lonjakan daya yg besar. Ada beberapa jenis soft star pada mesin las tergantung jenis dan merk. Beberapa mesin las memakai penundaan star dengan mengisi kapasitor secara berlahan biasanya tugas ini di bebankan ke sebuah relay sebagai kontak dan di kontrol oleh komponen penunda waktu. Namun ada pula yang memanfaatkan penundaan switching..sehingga tidak memerlukan sebuah relay sebagai kontaktor.
d. POWER REGULATOR
     Power regulator berfungsi untuk memberikan suplay ke tiap bagian bagian pengontrol mesin las mulai dari ocilator,driver dll. Peran dari sebuah regulator power suplay sangat penting dalam suatu system jadi regulator. Pada mesin las harus mampu menyesuaikan diri dari lonjakan atau drop tegangan suplay agar system dapat berjalan dengan baik.
 e. PWM OCILATOR
     PWM ocilator pada mesin las berfungsi sebagai pembangkit gelombang triger yang nantinya akan di gunakan untuk mengerakan/sebuah rangkaian  switching kapasitas dari osilasi biasanya di kontrol oleh bagian feedback sebagai eror amp.
  f. DRIVER
Driver  berfungsi untuk memperkuat gelombang osilasi..agar mampu menswith sebuah komponen switching seperti mosfet atau igbt.
g. SWITCHING
     Bagian ini mempunyai tugas untuk menswitching transformator penurun daya agar trafo mampu mengeluarkan tegangan dan arus yang sesuai untuk  proses pengelasan. Komponen switching biasanya menggunakan komponen semi konduktor aktif seperti mosfet,igbt,bgt dll.

 h.  TRANSFORMATOR
      Transformator berfungsi sebagai penurun tegangan tinggi ke tegangan rendah dengan arus yang besar pada mesin las inverter dengan switching frequensy tinggi maka digunakan transformator inti ferit hal ini bertujuan untuk menghindari arus eddy yang terjadi pada saat proses switching.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

JASA KONSULTAN TA (TUGAS AKHIR) / SKRIPSI MAHASISWA ELEKTRO

TA : MESIN SORTIR TELUR